Laman

Penyakit Tipes

Penyakit Tipes atau Tifus adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri dalam genus Rickettsia. Ada beberapa jenis infeksi Penyakit Tipes  Tifus endemik, juga disebut tifus murine atau "penjara demam," ditransfer dari tikus ke manusia dari gigitan dari kutu, kutu atau kutu. Agen penyebab adalah Rickettsia typhi. Tifus endemik adalah infeksi kurang parah daripada epidemi tifus, yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Rickettsia prowazekii yang dibawa oleh kutu dan kutu tupai terbang. Bahkan tanpa pengobatan, tingkat kematian untuk tifus endemik adalah sekitar 2 persen. Tingkat kematian untuk diobati epidemi tifus, bagaimanapun, adalah 10 sampai 60 persen. Untungnya, kedua jenis infeksi tifus dapat segera diobati dengan antibiotik dan hampir semua orang yang menerima pengobatan antibiotik dalam waktu sembuh sepenuhnya. Orang-orang yang paling berisiko untuk komplikasi serius dan infeksi tifus fatal orang lanjut usia.


Kedua jenis infeksi Penyakit Tipes biasanya diobati dengan antibiotik oral. Tetrasiklin dan doksisiklin adalah antibiotik yang paling umum digunakan untuk mengobati infeksi tifus karena keberhasilan tinggi terhadap bakteri Rickettsia dan risiko rendah efek samping yang serius, tetapi antibiotik lain, seperti kloramfenikol atau azithromycin, juga digunakan dalam beberapa kasus. Tetrasiklin biasanya tidak dianjurkan untuk anak-anak, karena menyebabkan perubahan warna gigi permanen yang belum meletus. Hal ini penting untuk mengambil seluruh kursus terapi antibiotik, bahkan setelah gejala mereda, untuk benar-benar membersihkan infeksi. Dalam mengobati infeksi tifus, penting untuk memulai terapi antibiotik sesegera mungkin, untuk mencegah komplikasi serius seperti kerusakan ginjal, kerusakan paru-paru atau komplikasi sistem saraf. Orang dengan kasus yang lebih parah dari epidemi tifus juga mungkin perlu rawat inap dan perawatan tambahan, seperti cairan IV atau terapi oksigen.

Penyakit Brill-Zinnser adalah tertunda infeksi ulang epidemi tifus yang datang kembali setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun dormansi. Hal ini biasanya tidak separah infeksi aslinya, tetapi masih diobati dengan antibiotik. Menyelesaikan kursus pertama antibiotik setelah infeksi tifus awal, bukannya berakhir sebelum waktunya, dapat mengurangi kemungkinan kambuh infeksi di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar